Sunday, February 6, 2011

Karena Tuhan Percaya bahwa Kamu Pasti Bisa!



Maukah kamu menengok sejenak ke dalam lorong masa lalu? Aku tidak bermaksud mengingatkanmu pada masa-masa suram yang ingin kau lupakan. Aku juga tidak bermaksud mengingatkanmu pada kenangan pahit yang membuatmu sedih. Aku hanya mengajakmu melihat masa lalu dengan sudut pandang yang berbeda.


Jika kamu mau merenunginya, sungguh kamu akan benar-benar terkejut ketika kamu menyadari bahwa kamu telah mampu melalui banyak sekali cobaan yang pernah menghampirimu saat itu.


***


Cobaan.


Ya. Hal tersebut tak pernah luput dari hidup kita. Bukan hanya kamu, semua orang di dunia ini pasti pernah mendapat cobaan. Bahkan jika kita mau ’melek’ akan keadaan di sekitar kita, setiap harinya selalu saja ada cobaan yang datang.


Ketika orangtuamu tak memberikan kasih sayang penuh padamu. Itu adalah cobaan.

Ketika tugas akhir kuliahmu tak kunjung selesai. Itu adalah cobaan.

Ketika KARIR yang kamu impi-impikan tak juga didapat. Itu adalah cobaan.

Ketika bisnismu bangkrut dan kamu terbelit hutang. Itu adalah cobaan.

Ketika orang yang kamu cintai meninggalkanmu begitu cepat. Itu adalah cobaan.


Jujur saja, setiap ada cobaan seringkali aku sudah merasa takut duluan. Aku takut jika aku tak bisa menghadapinya. Tapi nyatanya, seiring dengan berjalannya waktu, aku mampu melewati cobaan tersebut.


Kenapa bisa begitu?


Seorang teman pernah mengingatkanku, ”Kita hidup di dunia ini untuk menjalani ujian. Tuhan nggak pernah salah dalam memberi soal ujian kepada kita karena Ia pasti telah mengukurnya sesuai dengan kemampuan kita. Justru kita-lah yang sering salah menjawab ujian tersebut.”


Kalo kalimat tersebut kita renungi. Aku pikir benar juga.


Setiap cobaan dan musibah adalah ujian dari-Nya. Tetapi seringkali kita sudah beranggapan negatif. Kita pikir Tuhan memberi kita cobaan karena Ia membenci kita. Tidak, itu tidak mungkin. Tuhan tak mungkin membenci kita. Tuhan tak mungkin menyakiti makhluk ciptaan-Nya sendiri, bukan?


Aku yakin Tuhan memberikan kita cobaan karena Ia ingin menguji iman kita pada-Nya.

Aku yakin Tuhan memberikan kita cobaan karena Ia ingin kita menjadi lebih kuat.

Aku yakin Tuhan memberikan kita cobaan karena Ia ingin menyampaikan sesuatu pada kita.


Setiap ujian dalam hidup ini telah Ia ukur dengan cermat, sesuai dengan kapasitas kemampuan kita. Tak mungkin perhitungan Tuhan meleset.


Jika Tuhan telah mengukurnya, itu berarti... Tuhan percaya bahwa kamu pasti bisa!


Saat memberi ujian kepada kita Tuhan telah percaya terlebih dahulu bahwa kita pasti bisa melewati ujian ini. Jika, Tuhan saja percaya pada kita, kenapa kita harus takut menghadapi ujian tersebut?


Segala hal yang terjadi dalam hidup ini adalah yang TERBAIK yang Tuhan berikan pada kita. Bukankah Tuhan Maha Mengetahui segala sesuatu? Sudah seharusnya kita menghadapi ujian apapun yang Tuhan berikan dalam hidup ini.


Ketika segalanya terasa tak masuk akal..

Ketika segalanya terasa sulit untuk diterima..

Ketika segalanya terasa begitu menyakitkan..

Ketika kau merasa usahamu sia-sia..

Ketika kau merasa tak ada lagi yang peduli padamu..

Ketika kau merasa lelah dan hampir putus asa..


Ketika semua hal itu terjadi padamu, bangkitlah! Jangan pernah menyerah!

Karena Tuhan percaya bahwa kamu pasti bisa!


Tuhan tak akan pernah meninggalkanmu, Ia akan senantiasa menolongmu. Jika kamu bisa melewati cobaan yang Ia berikan, sungguh kamu akan mendapatkan hadiah (sebuah pelajaran berharga) yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya.


”Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas.”

(QS Adh-Dhuha [93]: 5)


***


Dan ketika kamu mengingat kembali masa lalu, tak ada lagi hal menyakitkan yang akan kamu ingat karena kamu telah berhasil melewati berbagai cobaan yang Tuhan berikan. Pada akhirnya kamu akan tersenyum dan benar-benar bersyukur pada Tuhan atas segala hal yang terjadi dalam hidupmu ^_^

1 comment:

Unknown said...

Berkunjung.. :D
Salam Sukses!

Post a Comment

Ayoo.. ayoo.. silakan comment disini..