Sunday, December 5, 2010

Ada apa dengan anak kecil zaman sekarang???

Ini adalah sebuah keanehan yang terjadi di sebuah warnet. Oh well *ralat* mungkin di beberapa warnet lainnya juga.


Aku tidak akan menyebutkan nama warnet itu. Yang jelas, perubahan yang terjadi sangat kontras sekali bagiku. Aku sering mengunjungi warnet itu saat aku SMP, mungkin sekitar 4 tahun yang lalu. Ruangan warnet itu terbagi menjadi dua, komputer untuk nge-game di bagian sebelah kiri, sedangkan komputer untuk internet di bagian sebelah kanan. Masih jelas dibenakku, ruangan di sebelah kanan itu penuh dengan komputer yang berjejer dengan rapi. Ruangan internet itu ramai digunakan oleh anak SMP, SMA, hingga umum.

Well, setidaknya itu yang kuingat 4 tahun lalu.


Setelah sekian lama aku tidak berkunjung kesana, akhirnya kemarin aku menyempatkan diri pergi ke warnet itu karena aku punya keperluan untuk men-scan tugasku. Suara bising langsung menyambutku. Aku menoleh ke sebelah kiri, suara itu jelas berasal dari ruangan tempat gaming. Disana dipenuhi oleh anak-anak kecil. Masih wajar, batinku. Bukankah peminat gaming mayoritas dari anak kecil?


Kemudian aku menoleh ke sebelah kanan. Betapa kagetnya aku saat melihat ke ruangan itu. Ruangan komputer tempat internet itu dipenuhi dengan anak-anak kecil ! Semua komputer penuh oleh anak-anak kecil! Aku tidak bisa menebak berapa umur mereka, tapi menurut perkiraanku mereka masih anak-anak SD. Hey, apakah mereka tidak didampingi? Aku tidak melihat adanya orang dewasa.


Sungguh miris melihat pemandangan itu. Apakah ini dampak dari meluasnya media dan dunia internet? Hingga digandrungi oleh anak-anak kecil??


Aku sungguh penasaran sekali, situs apa yang kira-kira dibuka oleh anak-anak itu. Karena tampaknya mereka asyik sekali menatap layar didepannya. Iseng-iseng aku melangkahkan kaki diam-diam mendekati mereka. Aku melihat adanya warna biru-biru mendominasi situs tersebut. WHAT?? FACEBOOK??


Gilaaaa bangettt, anak SD zaman sekarang uda bisa facebook-an??? Heyyy, emangnya mereka mau having connected dengan siapa?? Teman lama?? Pacarr?? Atau Orang asing?? Tidak mungkiiinnnn…!!


Apa yang mereka lakukan dengan facebook itu??


Bagiku tidaklah wajar jika anak SD yang menggunakannya. Menurutku, belum waktunya mereka untuk menggunakan facebook. Facebook tidak cocok untuk mereka.. Lagipula ber-internet tidak bisa sembarangan. Jika salah mengklik saja sudah bisa masuk ke dalam situs yang ”aneh-aneh”. Hal itu jelas berbahaya bagi mereka.


Bukankah yang dilakukan anak kecil seharusnya adalah bermain petak umpet, loncat tali, atau gobak sodor? Bukankah permainan seperti itu lebih menyenangkan untuk dimainkan ketimbang memaksa otot mata bekerja menatap layar komputer?


Ada apa dengan ANAK KECIL ZAMAN SEKARANG?

0 comment:

Post a Comment

Ayoo.. ayoo.. silakan comment disini..